1. Instrumen penilaian pembelajaran berdasarkan kisi-kisi yang dibangun bersandar kurikulum :
C1 : Pengetahuan
C2 : Pemahaman
C3 : Aplikasi/Pemahaman
C4 : Analisis
C5 : Sintesis
C6 : Evaluasi
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, atau d sebagai jawaban yang paling benar!
1.Konferensi Asia-Afrika diselenggarakan di Bandung pada tahun… ( CI )
a. 1953 c. 1955
b. 1954 d.1956
Jawaban : c
C1 : Pengetahuan
C2 : Pemahaman
C3 : Aplikasi/Pemahaman
C4 : Analisis
C5 : Sintesis
C6 : Evaluasi
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, atau d sebagai jawaban yang paling benar!
1.Konferensi Asia-Afrika diselenggarakan di Bandung pada tahun… ( CI )
a. 1953 c. 1955
b. 1954 d.1956
Jawaban : c
2. UUDS 1950 menganut Demokrasi Liberal, artinya kabinet… ( C2 )
a. bertanggung jawab pada presiden
b. sepenuhnya bertanggung jawab kepada pemerintah
c. langsung bertanggung jawab kepada rakyat
d.bertanggung jawab kepada perdana menteri
Jawaban : a
3. Di bawah ini adalah tujuan dari konferensi Asia-Afrika, kecuali…( C3 )
a. memajukan kerja sama di bidang ekonomi, social, dan budaya
b. meningkatkan persahabatan antar bangsa Asia-Afrika
c. ikut serta mengusahakan perdamaian dunia
d.meningkatkan kerja sama dengan Negara-negara Eropa.
Jawaban : d
4. Pada sekitar bulan April 1950 di daerah Maluku timbul pemberontakan RMS,
dengan latar belakang… ( C4 )
a. ingin mendirikan negara sendiri terlepas dari RIS
b. melanjutkan petualangan Andi Aziz yang gagal
c. tidak setuju bardirinya Republik Indonesia Serikat
d. ingin menghancurkan pemerintahan RI yang berdaulat
Jawaban : b
5.Hubungan revolusi industri dengan politik imprealisme antara lain…( C5 )
a. surplus uang dan industrialisme
b. sistem pemerintahan yang demokratis dan sistem pemerintahan yang absolut
c. continental stelsel dan pembagian tanah dunia
d. adanya teori-teori oleh para ilmuan dan penemuan-penemuan mesin
Jawaban : c
6.Akibat sistem Demokrasi Liberal adalah sebagai berikut, kecuali… ( C6 )
a. timbul kudeta dan pemberontakan
b. pemerintahan tidak stabil
c. kabinet tidak dapat menjalankan programnya
d. program kabinet tidak berkesinambungan
Jawaban : d
7. Kapan peristiwa G 30 S terjadi… ( C1)
a. 30 September 1955
b. 30 September 1965
c. 30 September 1966
d. 30 September 1956
Jawaban : b
8. Apa yang terjadi pada peristiwa Gerakan 30 September 1965 di Indonesia… ( C2)
a. Penculikan dan pembunuhan atas jendral-jendral pimpinan teras Angkatan
Darat (AD) oleh segerombolan orang bersenjata
b. Kampanye ganyang Malaysia
c. Aksi rakyat menuntut TRITURA
d. Memboikot lapangan udara Halim Perdana Kusuma
Jawaban : a
9.Menurut Ben Anderson dan Ruth Mc. Vey terjadinya gerakan 30 September
disebabkan oleh… ( C4 )
a. konflik internal di dalam tubuh TNI-AD
b. hasil rekayasa Mayjend. Soeharto, panglima konstrad waktu itu
c. rekayasa dinas rahasia Amerika Serikat (CIA)
d. rekayasa Presiden Soekarno menyingkirkan lawan politiknya
Jawaban : a
10. Bagaimanakah bentuk hubungan antara keberlangsungan NKRI saat itu dengan
gerakan yang terjadi pada 30 September 1965… ( C5)
a. NKRI ingin diperkuat dengan gerakan 30 September
b. NKRI ingin diperluas dengan gerakan 30 September
c. Gerakan 30 September adalah upaya ingin merebut kekuasaan NKRI yang sah
d. Gerakan 30 September adalah upaya ingin menguatkan kekuasaan NKRI yang
sah
Jawaban : c
2. A. Mengukur Validitas Butir Soal
Tabel 1
No Nama X Y X² Y² XY
1. A 1 6 1 36 6
2. B 0 6 0 36 0
3. C 1 7 1 49 7
4. D 1 7 1 49 7
5. E 1 8 1 64 8
6. F 0 6 0 36 0
7. G 0 7 0 49 0
8. H 1 7 1 49 7
9. I 0 6 0 36 0
10. J 1 7 1 49 7
Jumlah 6 67 6 453 42
N∑XY − (∑X) (∑Y)
rxy = ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
√‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
{ ( N∑X² - (∑ X)² } { N∑Y² - (∑Y)² }
10 . 42 − ( 6 ) (67)
= ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
√‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
{ 10 . 6 ( 6 )² } {10. 453 – (67)² }
420 - 402
= ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
√‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
(60– 36 ) ( 4530 – 4489 )
18
= ‾‾‾
√‾‾‾‾
24 . 41
18
√‾‾
984
= 18 =0,574 ( Cukup Valid)
‾‾‾‾
31,369
2. B. Realibilitas
Tabel 1
No Nama Skor Ganjil Genap Awal Akhir X² Y² XY
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1 A 1 0 1 1 1 0 1 1 0 1 4 3 4 3 16 9 12
2 B 1 1 0 1 1 1 1 0 1 0 4 3 4 3 16 9 12
3 C 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 5 3 4 4 25 9 15
4 D 0 1 1 0 0 1 0 1 0 1 1 4 2 3 1 16 4
5 E 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1 2 3 2 3 4 9 6
6 F 1 1 1 0 1 1 0 0 0 1 3 3 4 2 9 9 9
7 G 0 0 1 1 1 0 1 1 0 0 3 2 3 2 9 4 6
8 H 1 0 0 1 0 1 1 1 1 0 3 3 2 4 9 9 9
9 I 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 4 3 4 3 16 9 12
10 J 0 1 1 1 1 1 1 1 0 0 3 4 5 3 9 16 12
32 31 114 99 97
Setelah dihitung dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar diketahui bahwa Rxy = - 0,379. Harga tersebut baru menunjukkan reliabilitas separo tes.
Rumus :
r
11 = 2 r ½½ r
(1+ r ½½)
= 2X -0,379
(1+ (-0,379)
= -0,758
1,379
= -O,549
Tidak ada komentar:
Posting Komentar